Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

28 Jan 2015

Deskripsi Singkat Mengenai PLTP Antara


PLTP Antara adalah gabungan kata dari PLTP yaitu Praktek Lapangan Teknologi Pendidikan, atau seringkali disebut dengan magang Teknologi Pendidikan (TP) dengan Antara adalah bagian nama dari Lembaga tempat PLTP itu di laksanakan, yaitu Antara News, yang berkantor pusat di Wisma ANTARA Lt 19-20, Jalan Medan Merdeka Selatan, No. 17 Jakarta Pusat.
Perusahaan Umum Lembaga  Kantor Berita Nasional Antara (atau disingkata Perum LKBN Antara) merupakan kantor berita di Indonesia, yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Perum LKBN Antara merupakan BUMN yang diberikan tugas oleh Pemerintah untuk melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi yang cepat, akurat, dan penting, ke seluruh wilayah Indonesia dan dunia internasional.
Pasar utama produk layanan ANTARA adalah media (business to business). Kini ANTARA sedang melakuka diversifikasi produk untuk publik, baik melalui portal berita http: www.antaranews.com maupun portak berita daerah. Layanan ANTARA meliputi produksi berita teks, foto dan multimedia sebagai bisnis inti. 
Beberapa bisnis bukan inti adalah layanan teknis dan pemasaran bekerjasama dengan Routers, Bloomberg, AFP, Xinhua dan DPA, selain jasa penerbitan, pelatihan jurnalistik, komunikasi pemasaran, PR Wire, dan penyelenggaraan kegiatan di Auditorium Adhiyana.
Selain menyasar pelanggan media, konten untuk masyarakat bisnis juga dikembangkan melalui bisnis IMQ. Layanan utama IMQ ini berupa layanan data seketika mengenai harga valuta asing, emas dan komoditi lainnya di bursa-bursa nasional dan internasional, serta informasi dari pusat-pusat bisnis di seluruh dunia. (Wikipedia)
Sedangkan kompetensi Profesi Teknologi Pendidikan diantaranya adalah, mampu sebagai pengelola media dan sumber belajar, perancang program pembelajaran, konsultan pengembangan program pembelajaran, perancang program pelatihan, konsultan pengembangan program pelatihan, produser media pembelajaran, dimana dalam hal ini seorang teknolog pendidikan juga memiliki kemampuan dalam bidang fotografi, grafika/sablon, pengembangan media audio/radio, pengembangan media TV/Video, dan pengembangan multimedia komputer, kemudian, kompetensi lainnya dari Profesi Teknologi Pendidikan adalah sebagai konsultan pengembangan media, peneliti dan pengembangan teknologi pendidikan, evaluator dan pengajar dan instruktur.
Sebab itulah, dalam Praktek Lapangan Teknologi Pendidikan (PLTP) periode 2015 ini pelaksanaan PLTP salah satu pilihannya adalah di Perum LKBN Antara. Disini, mahasiswa Teknologi Pendidikan dapat mengembangkan diri dalam bidang fotografi, pengembangan media TV/Video, dan pengembangan multimedia komputer, meskipun lingkupnya adalah media massa (berita). Selain mendapatkan ilmu baru dalam bidang jurnalistik, mahasiswa Teknologi Pendidikan tetap di bimbing dalam pengembangan media TV/Video, pengolahan naskah, pengambilan gambar(foto) yang tepat untuk sebuah berita, pembuatan animasi, dan pengembangan multimedia (desain web, pengembangan jaringan). Semoga kerjasama ini menghasilkan suatu nilai yang bermanfaat bagi mahasiswa TP, perum LKBN dan pihak lainnya.
Blog ini juga merupakan salah satu sarana informasi dan komunikasi yang di buat dalam pelaksanaan Praktek Lapangan Teknologi Pendidikan (PLTP) periode 2015 di LKBN Antara, melalui serangkaian proses desain dan pengaturan HTML untuk menghasilkan blog yang bermanfaat bagi banyak orang.
Keseluruhan konten yang terdapat di dalam blog ini adalah hasil kerja dari mahasiswa yang magang di Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara. Baik di mulai dari desain, pemanfaatan (isi), pengembangan, pengelolaan, dan evaluasi nya. Karena untuk periode Januari-Maret ini pihak LKBN Antara membagi mahasiswa magang dalam empat bidang yaitu bagian TV, Redaksi, Pembuatan Animasi dan TI Online.
Harapan terbesar dari kami tentu saja semoga blog ini bukan semata-mata menjadi program bagi pelaksanaan PLTP tetapi juga bermanfaat bagi pembaca dimanapun berada. Suatu ilmu akan besar nilainya, jika bermanfaat bagi banyak orang.

_Good Reading_


0 komentar:

Posting Komentar