Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

7 Feb 2015

Menggabung dan Memotong Objek pada CorelDraw

Menggabung dan memotong objek merupakan tutorial dasar yang penting dalam pengolahan objek/gambar pada aplikasi CorelDraw. Pegolahan tersebut dilakukan dengan menggunakan menu shaping. Menu shaping akan berfungsi apabila ada dua objek atau lebih yang bersinggungan. Menu shaping ini terdiri atas weld, trim, intersect, simplify, front minus back, dan back minus front, yang memiliki fungsi berbeda-beda, diantaranya yaitu menggabung, memotong dan membuat sebuah objek yang baru.

Berikut dijelaskan masing-masing fungsi dari menu shaping :
1.  Weld
    Weld berfungsi untuk menggabungkan dua buah objek yang saling bersinggungan menjadi satu objek. Untuk contoh saya akan menggabungkan dua objek persegi panjang dengan lingkaran. Langkah-langkahnya yaitu pertama buat objek persegi panjang (menggunakan rectangle tool) beri warna biru, kemudian buat objek lingkaran (menggunakan ellipse tool) beri warna merah. Kemudian posisikan seperti gambar berikut ini.


Setelah itu, seleksi kedua objek (tekan shift + klik kedua objek), klik arrange, pilih shaping, dan pilih weld. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


2.  Trim
   Trim berfungsi untuk memotong sebuah objek. Misalnya kita akan memotong sebuah objek lingkaran dengan persegi panjang. Buat objek lingkaran dan persegi panjang, letakkan objek persegi panjang diatas objek lingkaran. Kemuadian seleksi kedua objek, klik arrange, pilih shaping, dan pilih trim. Setelah itu tarik objek persegi panjang, maka objek akan terpotong seperti gambar berikut.


3.  Intersect
  Intersect berfungsi untuk membuat objek baru hasil perpotongan dari dua buah objek yang bersingungan. Contoh: seleksi dua objek lingkaran dengan persegi panjang. Langkahnya sama dengan sebelumnya. Seleksi kedua objek, kemudian pilih arrange, pilih shaping, dan pilih intersect. Maka akan menghasilkan objek baru (berbentuk setengah lingkaran berwarna biru) seperti berikut:


4.  Simplify
   Simplify berfungsi untuk memotong objek, sama dengan fungsi trim. Langkahnya juga sama dengan trim.

5.  Front Minus Back
    Front minus back berfungsi untuk memotong bagian depan oleh objek yang ada dibelakangnya dan objek pemotong akan hilang. Contoh: seleksi dua objek lingkaran dengan persegi panjang, kemudian pilih arrange, pilih shaping, dan pilih front minus back. Maka hasilnya seperti berikut:


6.  Back Minus Front
     Back minus front merupakan kebalikan dari front minus back, berfungsi untuk memotong bagian belakang oleh bagian depan dan objek pemotong akan menghilang.
Demikianlah masing-masing fungsi dari menu shaping dan langkah-langkah menggunakan fungsi menu tersebut. (Rahyuni)

--Semoga Bermanfaat--

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya ya..!! artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    semoga artikel ini memberikan manfaat untuk orang-orang yang sudah membacanya.
    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    BalasHapus