Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

12 Feb 2015

Perbedaan Jurnalisme dan Jurnalistik


Banyak orang yang menganggap pengertian jurnalisme dengan jurnalistik itu sama. Apakah benar sama atau malah berbeda? Yuk, kita pahami dulu satu-satu. 
Menurut Webster Dictionaryjournalism (jurnalisme) adalah kegiatan mengumpulkan berita atau memproduksi sebuah surat kabar. Dengan kata lain, jurnalisme adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang wartawan, sedangkan jurnalistik merupakan kata sifat (ajektif) dari jurnalisme.
Sedangkan pengertian jurnalisme yang tercantum di wikipedia :
Jurnalisme (berasal dari kata journal), artinya catatan harian, atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti suratkabar. Journal berasal dari istilah bahasa Latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik Imbuhan isme dan tik tentulah sangat berbeda, tapi mungkin inilah exception untuk jurnalistik dan jurnalisme mereka berbeda tapi bermakna sama.
Di Indonesia, istilah “jurnalistik” dulu di kenal dengan “publistik”. Dua istilah ini tadinya biasa dipertukarkan, hanya berbeda asalnya. Beberapa kampus di Indonesia sempat menggunakannya karena berkiblat kepada Eropa. Istilah jurnalistik muncul dari Amerika Serikat dan menggantikan publistik dengan jurnalistik. Publistik juga digunakan untuk membahas ilmu komunikasi. (Wikipedia)
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalisme adalah pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menerbitkan berita  di surat kabar dan sebagainya. Sedangkan jurnalistik adalah yang menyangkut kewartawanan atau persuratkabaran.
Dari segi kata, jurnalisme berasal dari kata “jurnal” dan “isme”. Jurnal artinya laporan. Isme artinya paham atau ajaran. Jurnalistik berasal dari kata “jurnal” dan “istik”. “istik artinya hal ihwal atau yang berkaitan dengan...
Jadi, arti asli jurnalisme adalah “paham jurnal” dan jurnalistik adalah “hal ihwal tentang jurnal”.
Jurnalistik mencakup kegiatan peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat.
Dari ketiga macam pengertian diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa jurnalisme dan jurnalistik itu secara konsep. Jurnalisme lebih kepada cara kerja, sedangkan jurnalistik lebih kepada sifat. (Vivi Afri Oviani)


4 komentar:

  1. mantap mbak
    saya tertarik dengan artikel ni mbak
    mksh infony mbak

    BalasHapus
  2. http://materijurnalistik.blogspot.com/
    mbak blognya aq bantuin posting ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. terima kasih kembali sudah mengunjungi blog ini ^_^

      Hapus
  3. terimakasih atas infonya, sangat membant untuk teman teman kita yang tertarik dengan jurnalisme jangan lupa visit http://wartawarga.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus