Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

19 Jan 2015

Tips Membuat Power Point yang Sederhana dan Menarik

Power Point merupakan media yang penting dalam penyampaian suatu pesan dan informasi yang ditujukan kepada banyak orang agar sasaran mengerti dan memahami arti pesan dan informasi yang telah disampaikan. Bagi sebagian orang, jika hanya mendengarkan ceramah saja pasti akan sangat membosankan. Berbeda halnya dengan dalam penyampaian informasi dengan metode yang sama, akan tetapi menggunakan media yang mampu menarik perhatian para audiens. 

Media power point merupakan salah satu media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran di sekolah. Dengan adanya media tersebut akan membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajarannya. Tentunya akan memudahkan guru untuk menarik perhatian siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 

Aplikasi Power Point, tidak hanya sekedar slide yang berisi tulisan pesan atau informasi saja. Akan tetapi, dalam aplikasi ini slide presentasi dapat dikreasikan semenarik mungkin agar para siswa merasa tertarik dan tidak jenuh. Disini, kita mampu bermain kekreatifan dengan menggunakan fitur-fitur yang sudah ada. Oleh karena itu, sebagai media pembelajaran, guru seharusnya merancang dan membuat tampilan slide power point semenarik mungkin. 

Disini penulis akan memberikan beberapa tips untuk membuat tampilan slide power point yang sederhana tapi menarik, yaitu: 
  1. Gunakanlah desain tema yang sesuai dengan topik pembelajaran. 
  2. Menggunakan warna yang tepat. Hindarilah penggunaan warna teks, shape, desain tema dan background yang berbenturan. Ini akan membuat tampilan slide tidak nyaman untuk dilihat. Misalnya yaitu penggunaan warna yang terlalu terang seperti warna merah.
  3. Jangan memasukkan banyak teks pada presentasi, cukup poin-poinnya saja pada tiap slide. Jadi, pada power point tidak perlu menggunakan banyak penjelasan dan keterangan.
  4. Gunakanlah teks yang mudah terbaca dengan menggunakan ukuran dan jenis font yang tepat. 
  5. Jangan terlalu banyak menggunakan gambar. Terkadang beberapa orang memandang dengan banyaknya gambar akan membuat presentasi yang disampaikan tidak nyaman dilihat malah membuat jenuh. Sebaiknya gunakanlah gambar seperlunya dan sesuai dengan topik atau tema pembelajaran yang dibahas.
  6. Memberikan efek-efek pada tulisan, gambar, dan transisi setiap slide.
(oleh : Rahyuni)

0 komentar:

Posting Komentar