Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

19 Jan 2015

Ekskul Jurnalistik

Bagi saya yang berasal dari daerah dan pernah menempuh pendidikan di kota pada tahun 2000an, tentu saja merasakan betul adanya perubahan-perubahan dalam pendidikan itu sendiri. Baik yang sifatnya intra maupun ekstra. Pun begitu dalam halnya perubahan dari kurikulum dan sistem yang diterapkan di sekolah. Namun, kali ini saya tidak akan membahas tentang kurikulum, baik itu kurikulum 2004, 2006 maupun kurikulum 2013 yang saat ini sedang naik daun.
Saya, tertarik membahas tentang sebuah inovasi yang diadakan oleh sekolah lama saya dahulu. Di tahun 2000an, ketika saya masih berstatus siswa, di sekolah tersebut belum terdapat ekskul jurnalistik. Ekskul populer yang  terdapat di sekolah masih di bidang olahraga, musik dan pramuka. Namun saat ini, perubahan pola pemikiran dan perkembangan di bidang teknologi juga mempengaruhi adanya inovasi pada ekskul disekolah tersebut.
Saat ini, di sekolah menengah pertama tempat saya sekolah dulu, sudah banyak mengalami perkembangan. Terdapatnya ekskul baru yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas  dan minat siswa juga menjadi sebuah nilai plus terhadap sekolah tersebut.
Cover Majalah (dari sebuah) Sekolah
Mungkin, hal ini bukanlah bagian dari kabar berita bagus bagi mereka yang sekolahnya lebih dahulu menerapkan ekskul ini, tidak apa-apa. Tapi, bagi saya yang dahulunya memang ingin sekali adanya wadah seperti ini, tentu menerima hal ini dengan excited.
Setelah ikut serta sendiri dalam ekskul jurnalistik, yaitu ketika saya melakukan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) di sekolah lama saya tersebut, saya melihat begitu banyak dari siswa tersebut yang memiliki antusias tinggi dengan ekskul ini. Rata-rata siswa tersebut memiliki harapan tersendiri dalam mengikuti ekskul tersebut. Ada yang ingin menjadi wartawan, reporter, penulis, editor dan kameramen. Karena itulah, mereka sangat berharap sekali, sekolah mampu mewujudkan mimpi mereka, lewat bimbingan dan pendidikan jurnalistik yang baik, serta adanya alat-alat yang mendukung kegiatan mereka.
Mungkin saja karena masih terbilang baru, ekskul di sekolah ini masih belum memiliki alat yang memadai. Sementara itu, untuk teori dan pendidikan  jurnalistik yang di berikan kepada siswa sudah cukup ba, sesuai dengan tingkatan mereka yang masih siswa SMP. Semoga, dengan rintisan awal seperti ini, siswa-siswi disini bisa melanjutkan cita-cita mereka dan belajar terus untuk meraih cita-cita. Sebagai mahasiswa yang pernah PLK dan ikut serta dalam kegiatan Ekskul jurnalistik disana, saya hanya berpesan pada siswa tersebut, untuk terus mengembangkan diri mereka dalam bidang jurnalistik ini, baik setelah tamat SMP dan melanjutkan ke SMA/SMK dan perguruan tinggi nanti. Selain itu, tidak salahnya juga jika mereka mau mengikuti komunitas/organisasi di luar sekolah yang masih di bidang yang sama. “Jika mau belajar dan terus belajar, insyaAllah apa yang dicita-citakan akan tercapai”. (Vivi Afri Oviani)

0 komentar:

Posting Komentar