Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

2 Feb 2015

Resensi Buku Pengembangan Sumber Daya Manusia


                        IDENTITAS BUKU
Judul buku      : Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pengarang       : Prof. DR.Soekidjo Notoatmodjo
Tahun Terbit    : 2009
Penerbit           : Rineka Cipta
Tempat Terbit  : Jakarta
Tebal Buku      : 180 halaman
Cetakan           : Keempat
ISBN               : 978-979-518-974-9

ISI BUKU

Ringkasan singkat mengenai keseluruhan isi buku adalah sebagai berikut:

Buku ini membahas tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia. Untuk mengembangkan sumber daya manusia tersebut maka di perlukan suatu pendidikan dan pelatihan.
Pendidikan (formal) di dalam suatu organisasi adalah suatu proses pengembangan kemampuan ke arah yang diinginkan oleh organisasi yang bersangkutan. Sedangkan pelatihan (training) merupakan bagian dari suatu proses pendidikan, yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan khusus seseorang/kelompok orang.
Pendidikan dan pelatihan pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja. Kemampuan baru (hasil perubahan) itu dirumuskan dalam satu tujuan pendidikan atau pelatihan. Pada dasarnya tujuan pendidikan adalah suatu deskripsi dari pengetahuan, sikap, tindakan, penampilan dan sebagainya yang diharapkan akan dimiliki sasaan pelatihan pada periode tertentu.
Tujuan pendidikan dan pelatihan adalah rumusan kemampuan atau perilaku baru yang dirumuskan dalam kategori pengetahuan, kecerdasan sikap, keterampilan yang diharapkan untuk dimiliki oleh sasaran pendidikan atau pelatihan setelah menyelesaikan program pendidikan atau pelatihan.
Buku ini juga menguraikan tentang pentingnya pendidikan dan pelatihan terhadap sumber daya manusia. Pentingnya program pendidikan dan pelatihan bagi suatu organisasi antara lain sebagai berikut:
  1. Sumber daya manusia atau karyawan yang menduduki suatu jabatan tertentu dalam organisasi, belum tentu mempunyai kemampuan yang sesuai dengan persyaratan yang diperlukan dalam jabatan tersebut. Oleh karena itu, karyawan tersebut perlu penambahan kemampuan yang mereka perlukan.
  2. Dengan kemajuan ilmu dan teknologi, maka akan mempengaruhi suatu organisasi. Dengan demikian jabatan yang dulu belum diperlukan, sekarang diperlukan. Oleh karena itu diperlukan penambahan atau peningkatan kemampuan yang diperlukan oleh jabatan tersebut.
  3. Adanya ganjaran dan perangsang yang berupa promosi dapat meningkatkan produktifitas kerja bagi seseorang karyawan. Kadang-kadang kemampuan seorang karyawan yang akan dipromosikan tersebut untuk menduduki jabatan tertentu masih belum cukup. Oleh karena itu diperlukan pendidikan dan pelatihan tambahan.
Secara garis besarnya, langkah-langkah dalam melaksakan suatu pelatihan adalah sebagai berikut:
  1. Analisis kebutuhan pelatihan
  2. Menetapkan tujuan pelatihan
  3. Pengembangan kurikulum
  4. Persiapan pelaksanaan diklat
  5. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan
  6. Evaluasi
Dalam melaksanakan suatu pelatihan di tingkat departemen pemerintah, biasanya disebut dengan Pusdiklat. Tugas pokok Pusdiklat disetiap instansi adalah melaksanakan pendidikan dan pelatihan pegawai untuk lebih meningkatkan kemampuan pegawai atau karyawan dilingkungan institusi tersebut yang berdampak terhadap pengembangan organisasi atau institusi yang bersangkutan. (oleh: Rahyuni)


0 komentar:

Posting Komentar