Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

21 Jan 2015

Peran Teknologi Pendidikan dalam Dunia Kerja

Teknologi merupakan suatu bidang yang tak terpisahkan dengan ilmu pengetahuan, salah satu contohnya yaitu seperti teknologi pendidikan. Dengan adanya teknologi pendidikan dapat membantu manusia dalam dunia kerjanya salah satunya yaitu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain sehingga informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan kerja.
Dahulunya sewaktu saya mau mengambil jurusan teknologi pendidikan ini, saya mengira bahwa tamatan Teknologi Pendidikan akan menjadi seorang guru, khususnya yaitu guru TIK. Sehingga yang terbayang bagi saya bahwa setelah lulus nantinya saya akan menjadi seorang guru.
Tapi setalah mengikuti perkuliahan teknologi pendidikan dan mempelajari lebih dalam tentang teknologi pendidikan, saya pun menjadi lebih mengerti bahwa tamatan Teknologi Pendidikan tidak hanya menjadi seorang guru. Tamatan Teknologi Pendidikan memiliki lapangan pekerjaan yang lebih luas. Walaupun lapangan pekerjaan untuk tamatan teknologi pendidikan begitu luas, tidak menjamin juga untuk mudah mendapatkan pekerjaan. Yang dibutuhkan adalah keterampilan khusus dalam bidang tertentu agar kita mudah untuk menyesuaikan diri dalam dunia kerja nantinya.

Berdasarkan definisi teknologi pendidikan menurut AECT tahun 1994, teknologi pendidikan adalah suatu teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian dan penelitian proses, sumber dan sistem untuk belajar. Dari pengertian tersebut dapat kita lihat bahwa tugas pokok profesi teknologi pendidikan begitu luas. Dengan demikian lowongan pekerjaan bagi teknolog pendidikan cukup banyak.
Seorang tamatan teknologi pendidikan dapat bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta, pada lembaga pendidikan atau di luar lembaga pendidikan. Selain itu tamatan teknologi pendidikan juga dapat bekerja di lembaga konsultan.
Lapangan pekerjaan bagi tamatan teknologi pendidikan pada lembaga-lembaga pemerintah atau swasta antara lain :
1.      Lembaga pendidikan dan pelatihan, seperti Departemen Pendidikan Nasional, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Nasional, serta dinas-dinas lain yang memerlukan pendidikan dan pelatihan, satuan-satuan pendidikan, pusat Sumber Belajar, dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).
2.      Lembaga Informasi dan Komunikasi, seperti televisi, radio, Badan Informasi dan Komunikasi, Unit Teknologi Komunikasi Pendidikan, Pusat Komputer, Laboratorium Bahasa, Pustekom Depdiknas, dan sebagainya.
3.      Lembaga Percetakan dan Produksi Media, seperti Laboratorium Fotografi, Laboratorium Video, dan Laboratorium Audio.
4.      Lembaga Penelitian, seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lembaga Survey Indonesia, dan sebagainya.

Dari uraian di atas dapat kita lihat bahwa begitu luasnya bidang kajian teknologi pendidikan. Namun tidak mungkin seorang tamatan teknologi pendidikan akan menguasai semua bidang kawasan tersebut. Seseorang tamatan teknologi pendidikan mempunyai pekerjaan yang menuntut keahlian khusus dalam satu atau dua bidang saja. Misalnya dalam bidang desain atau pengembangan teknologi tertentu.
Oleh karena itu kepada para teknolog pendidikan, terutama kepada mahasiswa yang saat sekarang masih menjalankan pendidikan, berusahalah untuk terus belajar dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki. Agar kita nantinya bisa menyesuaikan diri dan bersaing di dunia kerja. Jangan terpaku pada satu tujuan saja. Misalnya hanya untuk menjadi guru saja. Padahal masih banyak peluang untuk bekerja dibidang lainnya.

Saya juga berharap semoga teknologi pendidikan ini semakin berkembang dan mampu menunjukkan kiprahnya di dunia kerja. Serta mampu membantu meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Indonesia. (Rahyuni)

0 komentar:

Posting Komentar