Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

17 Feb 2015

Buku "Setu Babakan, Dari Penelitian ke Penelitian"

Dua pengunjung berjalan di depan sebuah rumah betawi ketika mengunjungi Kampung Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan. Kampung Betawi tersebut merupakan cagar budaya betawi yang dilengkapi dengan segala hal beraroma betawi, mulai dari seni musik, Lenong dan Gambus serta tarian asli betawi seperti tari Topeng dan Ondel-Ondel. (ANTARA FOTO/Saptono)

Bagaimana kondisi riil Setu Babakan yang sering disebut sebagai "benteng terakhir kebudayaan Betawi?" Apakah cukup siap menjadi ikon tujuan wisata sekaligus sebagai ranah perlindungan tata nilai budaya?
Bagaimana pula alternatif perbaikan dan pengembangannya di masa datang? setidaknya itu semua bisa diteropong dari jejak ilmiah buku berjudul "Setu Babakan, Dari Penelitian ke Penelitian."
Buku ini adalah cuplikan 24 penelitian dari berbagai perguruan tinggi tentang Perkampungan Budaya Betawi di kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Aspek yang diteliti cukup beragam yakni tentang pengelolalan budaya, tentang lingkungan hingga partisipasi masyarakat di tanah konservasi budaya tersebut.
Berikut Resensi buku Setu Babakan ini, yang terdapat pada Berita Antaranews : http://www.antaranews.com/berita/480440/resensi-buku-meneropong-setu-babakan-dari-jejak-penelitian-ilmiah




0 komentar:

Posting Komentar