Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

18 Feb 2015

Kios Buah Tidak Lagi Menjual Apel Berbakteri

Oleh Alzikri/Erfan/Wela/Arnaz

Jakarta, 30/1 (Antara) - Sejumlah pedagang buah di Pasar Mandiri sekitar Mal Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tidak lagi menjual apel jenis Granny Smith dan Gala dari Amerika Serikat yang diduga tercemar bakteri listeria monocytogenes.
"Nggak ada lagi yang menjual apel impor dari Amerika itu mas, kalau mas mau cari nggak bakal ketemu, jangankan di sini, di mal-mal besar aja udah nggak ada lagi yang jual," ujar salah seorang pedagang buah di Pasar Mandiri sekitar Mal Blok M, Jakarta Selatan,  Aris (52) kepada Antara, Jumat (30/1).
Aris mengatakan bahwa para pedagang buah di sana sudah berhenti menjual apel asal Amerika Serikat tersebut sejak pertengahan Desember 2014. Dia mengaku takut untuk menjual apel tersebut karena sudah banyak orang yang mengonsumsinya mengalami keracunan.
Jumat pagi (30/1) terlihat sejumlah pedagang buah di Pasar Mandiri sekitar Mal Blok M sedang sibuk menyusun buah untuk dijual namun mereka sama sekali tidak menjual buah apel di kios mereka. Tidak hanya apel impor, para pedagang di Pasar Mandiri tersebut memilih untuk tidak menjual apel jenis apa pun juga.
Sama halnya dengan Pasar Mandiri, para pedagang di Pasar Modern Lantai Ground Mal Blok M juga tidak menjual apel tersebut. Dengan alasan yang sama, mereka takut apel asal Amerika Serikat yang mereka jual juga terjangkit bakteri listeria monocytogenes.
Namun berbeda dengan para pedagang di Pasar Mandiri yang tidak menjual apel sama sekali, para pedagang di Pasar Modern Mal Blok M masih tetap menjual apel. Apel yang dijual di Pasar Modern tersebut berasal dari Tiongkok, Afrika dan Malang, Indonesia sendiri.
"Saya memang tidak menjual apel dari Amerika itu lagi tapi saya tetap menjual apel-apel dari negara lain seperti Tiongkok, Afrika, tetapi yang hijau itu asalnya dari Malang, Jawa Timur. Sejauh ini tidak ada masalah untuk apel-apel tersebut. Namun penjualannya memang agak sedikit berkurang," ujar salah seorang pedagang buah di Pasar Modern Mal Blok M lantai Ground, Hendri (38).

Sementara itu salah seorang pembeli yang biasa mengonsumsi buah apel, Haya (29) mengaku merasa takut untuk membeli buah apel. Meskipun apel tersebut bukan berasal dari Amerika. Jumat pagi (30/1) Haya membeli buah jeruk di Pasar Modern Mal Blok M.

0 komentar:

Posting Komentar