Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

4 Feb 2015

Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya.
Jaringan komputer dapat juga diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Manfaat Jaringan Komputer :

  1. Membagi sumber daya
          Memungkinkan penggunaan perlengkapan computer dalam jaringan digunakan seara bersama. contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
  2. Reabilitas tinggiMemungkinkan untuk mengcopy data ke dua atau tiga computer bahkan lebih sehingga apabila salah satu computer rusak dan data yang disimpan hilang kita masih bisa menggunakan data  yang disimpan di computer lain.
  3. Menghemat uang
          Perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan.
  4. Sarana komunikasiDimanfaatkan oleh perusahaan guna kelancaran komunikasi contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.

Tipe Jaringan Komputer

Secara garis besar dapat dikelompok dalam 3 kategori yaitu :
  1. Dilihat secara fisik jaringan omputer dibedakan menjadi dua yaitu
  • Jaringan kabel : adalah jaringan computer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. 
  • Jaringan tanpa kabel atau nirkabel (wireless network) : adalah jaringan computer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio.
      2.  Dilihat dari area atau jangkauan wilayah cakupan aksesnya

  • LAN (Local Area Network) : Jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dalam satu gedung atau antar gedung.
  • MAN (Metropolitan Area Network) : Jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan komputer dalam wilayah yang lebih luas, misalnya menghubungkan komputer dalam satu kota, antar kampus dalam sebuah universitas, maupun antar universitas dalam satu kota. 
  • WAN (Wide Area Network) : Jaringan yang menghubungkan beberapa LAN dari beberapa kota atau negara yang berbeda. WAN pada umumnya dihubungkan melalui satelit
  • Internet (Interconnected Network) : Jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia
       3.   Berdasarkan fungsinya, ada dua jenis jaringan komputer: 
  • Client-server : yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya. 
  • Peer-to-peer : yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer. (Rahyuni)

0 komentar:

Posting Komentar