Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

6 Feb 2015

Feature Writing

Apa itu feature writing? Setelah tahu fungsi dan perbedaan dari masing-masing lead, kini kita harus tahu tentang feature. Antara feature dengan lead akan ada hubungannya satu sama lain. Berikut materi singkat tentang Feature.
Teknik atau cara menulis feature (baca: ficer) hakikatnya sama dengan menulis cerita pendek (cerpen). Bedanya, cerita feature benar-benar terjadi (faktual) sedangkan kisah dalam cerpen umumnya fiksi, karangan, atau khayalan.
Kunci penulisan feature adalah di bagian lead dan pemilihan kata (diksi) yang berona (colorful word).
Pengertian Feature
Dalam literatur komunikasi jurnalistik, feature adalah karangan khas yang memadukan berita dan opini penulis. Feature itu bisa berupa berita, bisa juga artikel opini, namun disajikan dalam bentuk "bertutur" (story telling), seperti halnya cerpen. Satu hal lagi, tulisan feature lebih bertujuan menghibur dan membangkitkan emosi, buka sekadar menyampaikan informasi.
Menurut buku Seandainya Saya Wartawan Tempo (1996), feature adalah artikel yang kreatif, kadang-kadang subjektif, yang teutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi informasi kepada pembaca tentang suatu kejadian, keadaan, atau aspek kehidupan.

Pada hakikatnya feature adalah seorang yang berkisah. Ia melukis gambar dengan kata-kata, menghidupkan imajinasi pembaca, menarik pembaca agar masuk dalam cerita itu dengan membantunya mengidentifikasikan diri dengan tokoh utama.


Dalam buku Features Writing for Newspaper (1975), Dr Williamson mengatakan, feature ialah tulisan kreatif yang terutama dirancang guna memberi informasi sambil menghibur tentang suatu kejadian situasi, atau aspek kehidupan seseorang.

Dengan demikian, features bisa dianggap tulisan yang lebih ringan dibandingkan dengan berita atau artikel opini.
Karakteristik Feature
  1. Kreativitas (dalam hal menciptakannya),
  2. Informatif (dalam hal isinya),
  3. Menghibur (dalam hal gaya penulisannya), dan
  4. Boleh subjektif (dalam hal cara penuturannya).
Jenis-Jenis Feature
  1. Feature Berita (News Feature)
  2. Feature Human Interest
  3. Feature Tips
  4. Feature Biografi
  5. Feature Sejarah
  6. Feature Petualangan (Catatan Perjalanan)
Teknik Menulis Feature

Mengingat feature itu pada dasarnya lebih mengandalkan pada tuturan kejadian, situasi, peristiwa, atau proses juga terjadinya suatu peristiwa, maka dalam menyajikan tulisan, feature harus jelas dan juga logis (masuk akal). Yang paling penting dalam menulis feature adalah menulis lead (teras) feature. Jika lead sudah ditemukan/dituliskan, maka penulisan selanjutnya akan lancar. (Vivi Afri Oviani)

Sumber : http://www.komunikasipraktis.com/teknik-menulis-fateure.com

0 komentar:

Posting Komentar