Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

3 Feb 2015

Cara Membuat Hyperlink pada Microsoft Office PowerPoint

Sebelum menjelaskan langkah-langkah membuat hyperlink, terlebih dahulu akan dijelaskan apa itu hyperlink ? Dan apa fungsi dari hyperlink itu sendiri.

Secara bahasa hyperlink berasal dari dua kata yaitu hyper yang berarti banyak dan link berarti hubungan. Jadi hyperlink dapat diartikan sebagai hubungan yang banyak.

Pada aplikasi Microsoft Office PowerPoint, hyperlink diartikan sebagai media presentasi yang dapat memberikan kemudahan menghubungkan sebuah file yang berbeda atau menghubungkan banyak slide-slide pada satu file PowerPoint sehingga tampil dengan cepat.

Dari pengertian di atas dapat kita ketahui bahwa fungsi dari hyperlink itu sendiri adalah untuk menghubungkan halaman kerja satu dengan halaman kerja yang lainnya, sehingga lebih memudahkan kita dalam presentasi.

Selanjutnya untuk membuat hyperlink langkahnya cukup mudah. Berikut langkah-langkah membuat hyperlink pada Microsof Office Power Point:
  1. Langkah pertama tentunya kita harus mempersiapkan slide powerpoint yang akan dipresentasikan.
  2. Klik objek atau blok teks yang akan digunakan sebagai hyperlinkSeperti contoh berikut ini: 
     
    Misalnya kita akan menghubungkan slide pertama dengan slide yang berisi tentang standar kompetensi (pada slide kedua), maka pada slide pertama klik objek yang ada tulisan “standar kompetensi”
  3. Klik menu insert, pilih hyperlink, maka akan tampil kotak dialog Insert Hyperlink seperti gambar berikut ini.

  4. Karena kita akan menghubungkannya dengan slide kedua, pilih “Place in This Document” maka akan tampil pilihan slidenya seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik “slide 2” lalu klik OK.
         
Untuk menjalankan apakah hyperlink tersebut berhasil atau tidak silahkan tekan F5 atau klik slide show pada powerpoint. Apabila kita klik objek atau teks yang telah menggunakan hyperlink maka akan langsung tampil slide yang kita buat hyperlink tersebut.

Demikianlah langkah-langkah membuat hyperlink pada Microsoft Office PowerPoint. Semoga bermanfaat. (Rahyuni)


0 komentar:

Posting Komentar