Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog PLTP ANTARA

6 Feb 2015

Instalasi Sambungan Jaringan Internet


Sebelum mengakses internet, kita terlebih dahulu harus melakukan instalasi untuk mendapatkan sambungan ke internet. Untuk mendapatkan sambungan ke internet dapat dilakukan melalui cara-cara berikut ini:
  1. Melalui jaringan kabel telepon secara langsung (dial up)
    Instalasi jaringan internet melalui dial-up adalah cara mengakses internet dengan cara menghubungkan komputer ke internet melalui saluran telepon rumah. Contohnya adalah melalui jalur PSTN (public switched telephone network) yaitu cara menghubungkan komputer ke ISP misalnya telkomnet instant dari ISP telkom.
  2. Melalui jaringan GPRS/GSM
        GPRS merupakan kependekan dari general packet radio service, yaitu komunikasi data dan suara dengan gelombang radio. Sistem GPRS dapat berfungsi untuk mentransfer data dalam bentuk paket data yang berkaitan dengan email, data gambar (MMS) dan penelusuran (browsing) internet.
  3. Melalui jaringan CDMA
        CDMA (code division multiple access) pada komunikasi bergerak berkembang melebihi teknologi GSM sebagai perbandingan kecepatan CDMA dalam mencapai 3 kali sistem koneksi dial up dan sudah setengah dari sistem koneksi kabel modem.
  4. Melalui jaringan Wifi
          Wifi atau wireless fidility adalah jaringan koneksi tanpa kabel dengan frekwensi tinggi, internet dapat terkoneksi ke wifi menggunakan PDA dan notebook yang dilengkapi dengan wifi card.
  5. Melalui jaringan TV kabel
       Jaringan TV kabel dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna) agar dapat menggunakan modem kabel komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).
  6. Melalui Teknologi ADSL (Asymmetrical Digital Subsciber Line)
        ADSL adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk pelayanan telepon.
  7. Melalui Jaringan LAN
    Jaringan LAN (Local Area Networ) menghubungkan komputer ke internet melalui sebuah server jaringan lokal yang terhubung ke internet.
  8. Layanan 3G
    Layanan 3G dapat diperoleh melalui operator GSM dan CDMA. Kelebihannya mempunyai bandwidth yang lebar dan didukung dengan HSDPA.
(Rahyuni)

1 komentar: